Kembangkan Bisnis Dengan Strategi referrals

Kalimat sederhana namun besar dampaknya. Jika anda adalah pengguna jasa ojek online mungkin anda tidak asing lagi mendengar istilah referrals. Brand tersebut menggunakan strategi ini untuk meningkatkan growth perusahaan baik dari segi transaksi maupun jumlah unduhan aplikasi.

Kode referral yang biasanya digunakan oleh brand jasa ojek online tersebut digunakan untuk konsumen agar mendapatkan keuntungan. Misalnya ketika salah satu ojek online pertama kali memjejakkan kakinya di Yogyakarta, mereka menggunakan strategi referral yang mana strategi ini menganjurkan pada konsumen yang telah menggunakan jasa tersebut untuk bisa memberikan kode referral kepada temannya agar mereka dapat menikmati keuntungan menggunakan jasa tersebut seperti diskon bahkan gratis.

Strategi inilah yang digunakan oleh Go-Jek. Tak heran kalau saat ini perusahaan besutan alumni harvard tersebut teermasuk perusahaan startup yang angka pertumbuhan yang sangat fantastik, yaitu sekitar 900 kali lipat semenjak awal diluncurkan aplikasinya. Terlepas memang produk tersebut berkualitas, tentunya ada dukungan dari strategi marketing yang jitu sehingga Go-Jek mampu menjadi perusahaan unicorn.

Disini, kami memberikan beberapa tips agar strategi ini dapat diaplikasikan pada bisnis anda:

Pertama, kenali produk dan segmen pasar anda sehingga anda mengetahui strategi referral seperti apa yang tepat digunakan

Kedua,berpikirlah terbuka, kreatif, rombak pola pikir atau sudut pandang anda.

Ketiga, susun strategi yang tepat sesuai dengan segmen pasar anda.

Keempat, jangan lupa libatkan tim R&D sehingga anda menyusun strategi kode referral dapat digunakan secara efektif.

Kelima, anda harus terkoneksi pada aplikasi atau website perusahaan sehingga kode referral dapat berguna secara efektif.

Keenam, batasi jumlah kode referral yang anda sebarkan mengingat anggaran yang tidak sedikit pada strategi promosi ini.

Ketujuh, lakukan cek, cek, cek, dan cek.

Kedelapan, uji strategi anda di pasar, lakukan kontrol dan evaluasi sehingga anda dapat menghitung efektivitas dari program tersebut.

Kami tidak dapat memberikan ide atau contoh, hal tersebut dikarenakan jumlah industri di Indonesia yang sangat variatif. Sehingga pembaca di sini juga diarahkan untuk dapat melihat contoh referral yang full impact pada internet atau referensi yang terkait tentang strategi referral.

Share
← Prev Project Back to Works