Tips Berbisnis Melalui Facebook Anda

Di zaman yang serba online ini, memang menjadi daya pikat tersendiri memulai bisnis menggunakan media sosia, salah satunya facebook. Siapa sih yang tidak mengenal facebook. Facebook selain menjadi termpat sharing juga menjadi tempat ajang berbisnis untuk sebagian orang. Jika anda ingin memulai bisnis anda dengan menggunakan facebook, lebih baik anda mengetahui strategi-strategi ini terlebih dahulu:

Pertama, gunakan fanpage

Langkah awal untuk menjalankan strategi pemasaran melalui facebook adalah mengetahui karakteristik dan tools facebook itu sendiri, di dalam facebook sendiri terdapat facebook personal dan fanpage (kami yakin bahwa semuanya tahu). Untuk pemasaran via facebook, gunakanlah fanpage, bukanfacebook personal karena limitnya sangat terbatas yang hanya bisa menampung 5000 friends. Sedangkan dengan facebook fanpage bisa menampung friends dalam bentuk like tidak terbatas, sehingga tidak aneh banyak akun public figure di fanpage yang memiliki jumlah like mencapai ratusan ribu bahkan jutaan.

Kedua, perhatikan konten facebook.

Tips yang paling penting untuk memaksimalkan facebook dalam marketing adalah dengan membuat konten yang ringan tapi mengenai Konten yang baik dan terencana membantu pemasar atau pebisnis untuk menentukan arah strategi konten pemasaran yang akan dilakukan melalui facebook.

Berikut ini beberapa status yang bisa dibuat untuk facebook marketing, misalnya status update yang bermanfaat, yaitu berisi tips, link artikel, kutipan atau quote, gambar yang menarik, dan berbagai artikel yang bermanfaat. Kemudian status berisi tentang produk-produk yang dijual ataupun status update tentang produk atau promo terbaru.

Ketiga, gunakanlah fitur postingan status otomatis.

Gunakan fitur yang disediakan facebook, fitur ini adalah penjadwal status secara otomatis sehingga anda tidak perlu setiap saat melakukan postingan. Anda bisa menggunakan fitur update status terjadwal ini untuk memudahkan update status di facebook saat anda sedang sibuk.

Keempat, memperbanyak like

Fokuslah untuk memperbanyak like. Jumlah like adalah jumlah calon konsumen ada, semakin besar jumlah like maka semakin besar pula jumlah calon pembeli anda. Buatlah target yang ingin anda peroleh, kemudian jangan lupa melakukan monitoring. Pastikan yang anda buat dapat tercapau melalui strategi yang telah direncanakan.

Kelima, gunakan facebook ads

Kita bisa menggunakan fitur facebook ads dengan budget yang terukur untuk meningkatkan jumlah like dari fanpage bisnis anda. Facebook ads ini sangat berguna untuk mengiklankan produk kita ke target market ang tersegmen misal dari jenis kelamin, usia tertentum area tertentum atau minat tertetnu. Sehingga anda dapat menjangkau promosi yang terpat berdasarkan segmen market anda.

Keenam, lakukan pecakapan.

Aktiflah membangun percakapan dengan penggemar anda, percakapan penting untuk membangun relasi dengan calon konsumen. Jika ada pertanyaan, responlah maksimal 1×12 jam. Anda juga bisa membayar admin untuk melakukan hal tersebut.

Ketujuh, lakukan penjualan.

Unutk melakukan penjualan, kita bisa menggunakan banner fanpage, status gambar. Pastikan jika ada promosi produk atau gambar yang mendeskripsikan bahwa anda sedang melakukan penawaran produk. Gambar atau posternya harus jelas dan juga tidak boleh dilupakan adalah info kontak informasi yang bisa dihubungi oleh calon pembeli.

Kedelapan, lakukan dengan konsisten.

Hal yang terpenting dalam strategi pemasaran melaui facebook adalah anda harus konsisten untuk aktif dalam pemasaran di facebook. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh mashable, jumlah efektif update status adalah 4-6 status per hari pada jam-jam prime time di mana pada jam tersebut banyak user sedang membuka aplikasi facebook.

Kesembilan, lakukan evaluasi.

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah perlunya melakukan evaluasi secara rutin, fitur ini dapat ditemukan di bagian kanan atas (view insight) dari tampilan fanpage anda. Evaluasi ini sangat penting untuk melihat antara investasi dan pendapatan. Pendapatan tidak selalu tentang revenue tapi dari data mengenai meningkatnya jumlah kunjungan, like, dan ketertarikan pada produk anda, juga berperan untuk mengukur sejauh mana efektivitas strategi pemasaran yang sudah anda lakukan melaui facebook.

Share
← Prev Project Back to Works